Linmas: Detektor Pertama Potensi Kerawanan Masyarakat

Sumberagung - Aparat satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) diharapkan mampu mendeteksi gejala-gejala potensi kerawanan masyarakat, untuk memastikan stabilitas daerah hingga penyelenggaran Pemilukada berjalan lancar. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Klego dalam sebuah sosialisasi dihadapan petugas perlindungan masyarakat.

Dalam sambutannya Kapolsek  menjelaskan, kondisi yang tenteram, tertib dan aman, sangat mendukung suksesnya penyelenggaran pemerintah daerah. “Saya berharap Satlinmas dapat bahu membahu mendeteksi sejak dini dan mengetahui ragam persoalan yang dapat mengganggu ketertiban ketenteraman. Stabilitas politik sangat penting dengan ditunjukkannya suasana kondusif, hal ini mendukung penyelenggaran pemilukada Desember nanti,” terangnya.

Ia mendukung kegiatan sosialisasi agar Satlinmas memiliki pengetahuan pemahaman yang baik, diharapkan aparat satuan linmas dapat berperan sebagai perpanjangan daerah menjaga stabilitas dalam pencegahan permasalahan, mengetahui sedini mungkin gejala kerawanan di masyarakat. Dikatakan, pemerintah menyadari stabilitas daerah hanya terwujud jika ada partisipasi dan kerjasama dengan masyarakat, yang mencerminkan kedewasaan kubar dalam menjalankan kehidupan demokrasi, stabilitas keamanan mendorong pergerakan peningkatan daerah yang dapat memberikan kredibilitas pada investor,” jelasnya.

Untuk itu dirinya meminta, seluruh aparat Satlinmas meningkatkan kepekaan terhadap perubahan dan dinamika dalam upaya mendeteksi dini, melakukan kegiatan simpatik dalam mendukung situasi ketenteraman yang kondusif, dan mehindari kegiatan yang memancing hal yang kontraproduktif. “Aplikasikan pengetahuan dari sosialisasi dengan sungguh-sungguh, serta senantiasa meningkatkan jaringan komunikasi dengan Polri dan TNI dalam penanganan situasi kamtibmas,” harapnya.

Berita Terkini