Betonisasi Untuk Kesejahteran Warga

Sumberagung -  Program Dana Desa pada dasarnya untuk mempermudah pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di pedesaan. Meski demikian, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar dalam memberdayakan masyarakat. Pembangunan berbasis pedesaan kini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, baik masyarakat maupun Pemerintah Daerah. Pasalnya selain dana tersebut dapat meningkatkan pembangunan, kemakmuran dan kesejahteraan.

Salah satu penggunaan dana desa di Desa Sumberagung adalah untuk betonisasi jalan desa yang terletak di Dukuh Sendangserut. Pembangunan jalan didaerah pedesaan selain perlu memperhatikan aspek teknis konstruksi jalan, juga perlu memperhatikan aspek konservasi tanah mengingat kondisi wilayah dengan topografi yang berbukit dan tanah yang peka erosi.

Dari hasil survey lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit erosi tanah yang berasal dari jalan, khususnya berupa longsoran dari tampingan dan tebing jalan. Tujuan dari pengendalian erosi pada jalan adalah untuk mengamankan jalan dan membangun jalan yang tidak menjadi sumber erosi.

Pembangunan jalan di Desa Sumberagung dilakukan secara swadaya dan dilakukan dengan bantuan seluruh warga masyarakat. Dengan adanya perbaikan jalan ini diharapkan seluruh akses warga semakin mudah dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Sumberagung.

Berita Terkini